Didaulat Menjadi Narasumber, Hendry Munief Beberkan Aspek Keutuhan Berbangsa

Aspek keutuhan dalam berbangsa dan bernegara ditentukan oleh nilai kebersamaan, kerjasama, dan toleransi. Demikian disampaikan Ketua DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hendry Munief, saat didaulat menjadi narasumber dalam agenda dialog publik bertajuk “Urgensi Penataan Sistem Ketatanegaraan Indonesia Melalui Perubahan UUD 1945”, di Hotel Alfa, Pekanbaru, Kamis (30/03).

“Indonesia dibangun dengan keberagaman dan kebersamaan dari seluruh komponen bangsa ini. Karena itu kita perlu bekerjasama untuk hal-hal yang kita sepakati, dan bertoleransi pada hal yang tidak kita sepakati. Ini salah satu kunci keutuhan dalam berbangsa,” papar Hendry lugas.

Dalam kesempatan yang sama, Hendry juga mengungkapkan, bahwa Indonesia sedang terus menuju pada sistem ketatanegaraan yang ideal dan sesuai untuk bangsa ini, melalui Amandemen UUD 1945 yang menghasilkan salah satu Lembaga Tinggi Negara bernama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang sejajar dengan DPR RI.

“Secara fungsi DPD memang tidak sekuat DPR RI. Dimana DPR memiliki fungsi legislasi, supervisi, dan budgeting (penganggaran). Namun lembaga ini juga salah satu instrument penting bagi negara kita. Dimana fungsi pertimbangan, serta jalinan komunikasi antara pusat dan daerah bisa berjalan dengan lancar. Termasuk di antaranya pembahasan terkait otonomi, pemekaran, serta pengelolaan sumberdaya alam daerah,” ujarnya.

Hadir dalam acara yang diinisasi oleh Anggota DPD RI Intsiawati Ayus ini, Wakil Rektor UNILAK Edi Asnawi, serta 50 orang peserta yang terdiri dari unsur Pemerintah Daerah, civitas akademika perguruan tinggi negeri maupun swasta, Pakar Hukum Tata Negara, pengurus partai politik, Ormas, LSM, serta elemen masyarakat lainnya. (*)

Baca Juga

Ketika Ketua DPW PKS Riau Duduk Bersama Kabid Humas Kabupaten Kota

PEKANBARU – Komisi Hubungan Masyarakat (Humas) DPW PKS Riau mendapat surprise dengan hadirnya ketua DPW …